Pages

Wednesday, January 5, 2011

Internet sebagai Alternatif Media Pembelajaran

”E-learning secara harfiah merupakan akronim dari E & Learning. E = electronic sedangkan Learning = proses belajar, jadi gampangnya E-learning adalah sistem pembelajaran secara elektronik, menggunakan media elektronik, internet, komputer dan file multimedia (suara, gambar, animasi dan video)”

Latar Belakang Dijadikannya Internet sebagai Alternatif media Pembelajaran

  • Orangtua sudah terbebani biaya pendidikan yang mahal belum termasuk media belajar seperti buku, transport dll.
  • Perlu media yang bisa membuat orang jadi pintar dengan biaya yang lebih terjangkau dan diajarkan oleh Guru/Pengajar/Dosen yang Professional lewat modul e-learning.

Keuntungan & Manfaat Internet sebagai Alternatif Media Pembelajaran

  • Real-time & on-demands online information
  • Mobility access, fleksibel dan praktis (dapat dilaksanakan kapan saja sesui keinginan kita)
  • Menjangkau wilayah geografis yang luas
  • User friendly, bebas repot dan ruwet
  • Benefit in cost, mengurangi (menghemat) biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku, perjalanan, pengadaan pendidikan dll)
  • Mengoptimalkan kualitas belajar
  • Less administrative papers
  • Dapat melengkapi aktivitas belajar konvensional
  • Cara belajar yang aman dan sehat
  • Alternatif media belajar dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua, belajar fleksibel tanpa terikat jadwal + menyenangkan
  • Melatih pembelajar lebih mandiri dan berkembang dalam ilmu dan pengetahuan
  • Fleksibel memilih materi yang benar-benar kita inginkan dan hanya yang kita butuhkan
  • Source ilmu dan informasi yang tidak terbatas (bahkan berlimpah), sehingga kuncinya bukan mendapatkan kesemuanya namun filtering yang kita butuhkan saja
  • Menghemat waktu proses belajar mengajar

Unsur-unsur yang Harus Dimiliki untuk Menjadikan Internet sebagai Media Pembelajaran

  • Pusat kegiatan siswa;

Sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya

  • Interaksi dalam grup;

Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.

  • Sistem administrasi mahasiswa;

Dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.

  • Pendalaman materi dan ujian;

Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning.

  • Perpustakaan digital;

Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.

  • Materi online diluar materi kuliah;

Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya lewat web.

Hal-hal yang Harus Ada untuk Memaksimalkan Efektifitas Internet sebagai Media Pembelajaran

  • Akses ke perpustakaan
  • Akses ke pakar
  • Melaksanakan kegiatan kuliah secara online
  • Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan
  • Menyediakan fasilitas mesin pencari data
  • Meyediakan fasilitas diskusi
  • Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah
  • Menyediakan fasilitas kerjasama
  • Dan lain – lain

12 Kompetensi Belajar Berbasis IT

  • Searching, dengan search engine
  • Collecting, MP3, garfik, animasi, video
  • Creating, membuat web, membuat game
  • Sharing, web pages, blog
  • Communicating, e-mail, IM, chat
  • Coordinating, workgroups, mailing list
  • Meeting, forum, chatroom,
  • Socializing, beragam kelompok sosial on line
  • Evaluating, on line advisor
  • Buying-Selling, jual beli on line
  • Gaming, game on line
  • Learning, jurnal on line, riset on line
Podcast

Podcasting merupakan suatu pendistribusian program audio dan video lewat internet yang memberikan keluasaan pada subcriber yang tercatat untuk memilih file yang dikehendaki (yang selanjutnya dikenal sebagai feed), yang didistribusikan secara broadcast sebagai program on demand

Contoh aplikatif yang umum:

· Memanfaatkan script dari open source

· Sistem distribusi yang digunakan adalah Podcast

· Content sistem podcast ini file multimedia yang berisi bahan-bahan perkuliahan

· Sistem-sistem podcast ini meliputi : penyediaan content, web server, dan distribusi content

· Proses implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan web server Apache 2.0.55, PHP 5.0.5, dan database MySQL 5.0.15

· Untuk sistem security aplikasi ini hanya dapat diakses oleh pihak-pihak intern

Dukungan Open Source untuk E-Learning

Dibidang LMS, beberapa produk open source yang telah dikembangkan antara lain :

  • LMS, Anemalab, Forel E-Learning LMS, OLMS, ILIAS, dll
  • Sample project populer : wikipedia
  • Banyak sekali script e-learning ini yang paling popular adalah Moodle

Untuk pengembangan content atau material pembelajaran, dapat dimanfaatkan berbagai program authoring di platform Linux seperti: DrawSWF, OpenOffice Impress, dll

Perkembangan Software E-learning di Indonesia

Beberapa contoh produk software pembelajaran di Indonesia:

· Pesona Fisika dan Pesona Matematika untuk SMP, SMA dari Kuantum Inti Dinamika

· Belajar Matematika Bersama Mr.Sicerdas untuk SD-SMP-SMA dari Wahana Komputer

· Software EduGames Maximize Studio untuk tingkat SD

· Software Anak Cerdas dari Akal Interaktif

· Software Tutorial Komputer dari BambooMedia, dll

Di bidang opernsource, terdapat pula penyedia content e-learning yang saat ini semakin berkembang dan semakin banyak dimanfaatkan yaitu IlmuKomputer.com. Situs e-learning nirlaba ini dikembangkan secara opensource, sehingga pembelajar dapat mengakses dan mendownload material-material tutorial seputar dunia komputer secara gratis.

Fitur-fitur yang Disediakan dalam E-learning

1. Informasi tentang unit-unit terkait dalam proses belajar mengajar

• Tujuan dan sasaran

• Silabus

• Metode pengajaran

• Jadwal kuliah

• Tugas

• Jadwal Ujian

• Daftar referensi atau bahan bacaan

• Profil dan kontak pengajar

2. Kemudahan akses ke sumber referensi

• Diktat dan catatan kuliah

• Bahan presentasi

• Contoh ujian yang lalu

• FAQ (frequently asked questions)

• Sumber-sumber referensi untuk pengerjaan tugas

• Situs-situs bermanfaaat

• Artikel-artikel dalam jurnal online

3. Komunikasi dalam kelas

• Forum diskusi online

• Mailing list diskusi

• Papan pengumuman yang menyediakan informasi (perubahan jadwal kuliah,

informasi tugas dan deadline-nya)

4. Sarana untuk melakukan kerja kelompok

• Sarana untuk sharing file dan direktori dalam kelompok

• Sarana diskusi untuk mengerjakan tugas dalam kelompok

5. Sistem ujian online dan pengumpulan feedback

Kesimpulan :

  • Penggunaan Internet sebagai media pembelajaran menghemat waktu serta melatih seseorang untuk lebih bertanggung jawab.
  • Internet sebagai media pembelajaran sangat membantu untuk orang-orang yang perekonomiannya sulit untuk tetap mendapatkan ilmu pengetahuan.
  • Pembelajaran melalui internet adalah peluang dalam pengembangan akademis
  • Dapat digabungkan dengan Teknologi aplikasi lainnya, misalnya: Podcasting
  • Namun kelemahan dari pembelajaran melalui internet adalah terbatasnya sarana dan prasarana seperti: Komputer, Jaringan Internet, serta kemampuan seseorang untuk mengoperasikan komputer serta internet.

0 comments:

Post a Comment