Pages

Monday, April 4, 2011

Topologi Web


Belajar sifat-sifat dari Web sebagai objek formal menyediakan cukup banyak pengaruh untuk desainer dari sistembaru, dan badan standar yang tugasnya adalah menemukan dan menjaga variasi dari pengalaman Web padaskala besar. Pada bagian ini kita akan meninjau secara singkat upaya untuk mendeskripsikan topologi web.

Topologi Web

* Struktur Web

Investigasi topologi dilakukan untuk memahami bentuk dasar dari arsitektur dan relasi diantara keduanya. Struktur dapat memberi kita banyak informasi. Penyelidikan struktur dari web selalu tergantung dari level pemisahan dari pendeskripsian struktur web. Seperti contohnya saja ukuran web yang mungkin memiliki perbedaan sangat kecil dalam kinerja dari komponennya mampu memberikan perbedaan besar di level makro.

Pemahaman struktur sangat penting untuk sejumlah aplikasi, seperti navigasi, pencarian, menyediakan sumber daya untuk mendukung komunitas online, atau efek dari perubahan mendadak dalam permintaan informasi.

Topologi Web berisi kompleksitas dari rantai linear sederhana. Pada bagian ini, kita akan membahas upaya untukmengukur struktur global dari Web, dan bagaimana halaman web individu dapat masuk ke dalam konteks itu

* Penelitian teoritis graph

Mungkin paradigma yang paling terkenal untuk mempelajari Web adalah teori grafik. Web dapat dilihat sebagaigrafik yang besar pada tengah halaman dan bagian tepinya adalah link. Karena weblinks sangat sedikitberantakan, jelas bahwa tepi grafik mengkodekan banyak struktur yang terlihat oleh desainer dan penulis konten yang bagi mereka adalah sama pentingnya.

Konektivitas webgraph telah dianalisis secara rinci, menggunakan struktural seperti indikator seperti bagaimananode yang terhubung. Berbagai makro struktur scopic telah dilihat dan diukur, misalnya satu merangkak dari lebihdari 200 juta halaman menemukan bahwa 90% dari Web sebenarnya tersambung. Struktur berik

utnya seringdisebut sebagai bentuk bowtie, seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah. Simpul dasi sangat berhubungancluster (SCC) dari webgraph di mana terdapat jalur antara setiap pasangan node. SCC ini diapit oleh dua setcluster, mereka yang dihubungkan (link) ke SCC tetapi dari yang tidak ada backlink (ditandai sebagai DI dalam gambar), dan mereka yang terkait dari SCC tetapi tidak link kembali (OUT). Hubungan antara SCC, IN dan OUTmemberikan bentuk bowtie. Implikasi dari penemuan ini masih topologi perlu dipahami. Meskipun beberapa telahmengusulkan perubahan terhadap algoritma PageRank untuk mengambil keuntungan dari topologi dasar, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengeksploitasi struktur terlihat.

Struktur bowtie lazim di berbagai skala. Dill di al telah menemukan bahwa himpunan bagian yang lebih kecil dari Web juga memiliki bentuk bowtie, sebuah petunjuk bahwa Web mempunyai sifat fractal yang menarik karakteristiksebagai Web pada umumnya.

Memang, pertanyaan skala dipotong dua arah. Ada yang lain, lebih kecil dari Web sekitar, dan web itu sendiridatang sebagai sesuatu dari kejutan bagi matematikawan dan ilmuwan komputer pada saat itu dimulai, sekarangstudi Web cenderung melihat Web. Struktur tersebut sebagai Intranets mempunyai sifat yang sangat berbeda,dalam hal ukuran, konektivitas, koherensi dan pencarian sifat; beberapa sifat terbawa dari Internet secara keseluruhan, sementara yang lainnya tidak. Telah ada sedikit pekerjaan atas struktur kontras, meskipun melihat untuk investigasi Intranet, dan subgraphs sesuai dengan topik scientific tertentu . Web cukup jarang tersambung,berarti bahwa subgraph disebabkan oleh satu set acak node akan hampir kosong, tetapi jika kita mencarikelompok non-acak (cluster tematis-bersatu atau TUCs) yang jauh lebih dihubungkan, maka kita melihat bentukbowtie muncul lagi. Setiap TUC akan memiliki SCC sendiri, dan sendiri IN dan OUT sisi, termuat di dalam SCCyang lebih luas. SCC skala yang lebih besar, karena sangat berhubungan, kemudian dapat bertindak sebagaitulang punggung navigasi antara TUCs.

Analisis Web

Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Web analytics bukan hanya alat untuk mengukur lalu lintas situs Web tetapi dapat digunakan sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar. Web analytics aplikasi juga dapat membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini membantu seseorang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru. analisis Web menyediakan data tentang jumlah pengunjung, tampilan halaman, dll untuk mengukur lalu lintas dan tren popularitas yang membantu melakukan riset pasar.

Ada dua kategori analisis web luar lokasi dan di situs web analisis.

Secara historis, analisis web telah disebut pengukuran pengunjung di tempat. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini telah kabur, terutama karena vendor yang memproduksi peralatan yang menjangkau kedua kategori.

Situs web analisis ON teknologi

Banyak vendor yang berbeda memberikan-situs web pada analisisperangkat lunak dan jasa . Ada dua pendekatan teknologi utama untuk mengumpulkan data. Metode pertama yaitu analisis logfile, membaca file log di mana web server mencatat semua transaksi perusahaan. Metode kedua yaitu tag halaman, menggunakan JavaScript pada setiap halaman untuk memberitahu sebuah server pihak ketiga saat halaman diberikan olehweb browser . Keduanya mengumpulkan data yang dapat diolah untuk menghasilkan laporan web lalu lintas.

Selain itu sumber data lain juga dapat ditambahkan untuk menambah data. Misalnya; mail tingkat respon-e, data kampanye direct mail, penjualan dan informasi memimpin, kinerja data pengguna seperti klikpemetaan panas , atau metrik kustom lain yang diperlukan.

Web server merekam beberapa transaksi mereka di sebuah file log. Hal ini segera menyadari bahwa file log dapat dibaca oleh program untuk menyediakan data tentang popularitas website. Maka muncullahanalisis perangkat lunak web log .

Pada awal 1990-an, web statistik situs terutama terdiri dari menghitung jumlah permintaan klien (atau hit) dibuat untuk web server. Ini adalah metode yang masuk akal pada awalnya, karena setiap situs web sering terdiri dari sebuah file HTML tunggal. Namun, dengan pengenalan gambar dalam HTML, dan situs web yang membentang beberapa file HTML, jumlah ini menjadi kurang bermanfaat.Yang pertama benar komersial Log Analyzer dirilis oleh IPRO pada tahun 1994 .

Dua unit ukuran diperkenalkan pada pertengahan tahun 1990 untuk mengukur secara lebih akurat jumlah aktivitas manusia pada server web. Ini adalah tampilan halaman dan kunjungan (atau sesi). Sebuahtampilan halaman didefinisikan sebagai permintaan dibuat untuk server web untuk halaman, sebagai lawan dari grafis, sementara mengunjungididefinisikan sebagai urutan permintaan dari klien diidentifikasi unik yang berakhir setelah jumlah tertentu tidak aktif, biasanya 30 menit . Halaman tampilan dan kunjungan masih sering ditampilkan metrik, namun kini dianggap lebih sederhana.

Munculnya search engine spider dan robot pada akhir tahun 1990an, bersama dengan proxy web dan alamat IP yang ditetapkan secara dinamis untuk perusahaan besar dan ISP , membuatnya lebih sulit untuk mengidentifikasi pengunjung manusia unik ke situs web. Log analisis menanggapi dengan melacak kunjungan oleh cookie , dan dengan mengabaikan permintaan dari laba-laba dikenal.

Penggunaan ekstensif web cache juga disajikan masalah untuk analisis logfile. Jika seseorang mengunjungi kembali halaman, permintaan kedua akan sering diambil dari cache browser, sehingga permintaan tidak akan diterima oleh server web. Ini berarti bahwa jalan seseorang melalui situs hilang. Caching dapat dikalahkan dengan mengkonfigurasi server web, tetapi hal ini dapat mengakibatkan performa yang terdegradasi untuk pengunjung ke situs web.

Tuesday, March 1, 2011

Social Networking

Situs jejaring social atau social networking adalah struktur social yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sapai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh Profesor J.a. Banes pada 1954.

Situs jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi seperti nilia, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet, banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui kmunkasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar teman mantan sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang mambuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epionions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan ynag kemudina dipakai pad beberapa situs UK regional diantara tahun 1999 dan 2001. inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunaan kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.

Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360. pada bulan juli 2005 New Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friendster Reunited pada desember 2005. Diperkirakan ada 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Berikut ini beberapa contoh situs jejaring sosial yang sedang naik daun dewasa ini:

1. MySpace

MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.

2. Facebook

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

3. Twitter

Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

4. Friendster

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.

5. Tumblr

Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.

6. Plurk

Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagiuser plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.

Macam-Macam Web Browser

Dewasa ini, banyak sekali web browser baru yang bermunculan. Namun pada dasarnya, kegunaaan web browser adalah sama, seperti yang dikatan dala kutipan berikut:
A web browser is a software application for retrieving, presenting, and traversing information resources on the World Wide Web. An information resource is identified by a Uniform Resource Identifier (URI) and may be a web page, image, video, or other piece of content. - Wikipedia
Berikut ini beberapa web browser serta penjelasan singkatnya:

- Mozilla Firefox

dibuat oleh Mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.

- Internet Explorer

Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendekIE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.

Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.

- Safari

Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3

- Flock

Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0.

Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

- Opera

Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

- Seamonkey

SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

- Camino

Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.

Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac

- Konqueror

Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :

  1. FTP and SFTP/SSH browser
  2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
  3. HTTP browser
  4. IMAP mail client
  5. ISO (cd image) viewer
  6. VNC viewer

Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.

Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda untuk mengunakan browsing internet sehari-hari dan install Add-ons atau Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat surfing internet.


Sumber: http://komputer.kreatips.com/internet-dan-web/macam-macam-list-web-browser-perangkat-lunak-untuk-menjelajah-dunia-maya-kelebihan-dan-kekurangan/




Web Science

Saat ini internet sudah menjadi media massa yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan mahasiswa. Seiring dengan perkembangan pengguna maupun teknologi internet harus didukung sumber daya yang baik agar terjadi keseimbangan, maka lahirlah ilmu web atau web science. Sesuai namanya web science membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia World Wide Web (WWW). Semenjak diperkenalkannya Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan web science sangat luar biasa. Diiringi pula dengan keilmuan web itu sendriri yang menjadi cabang ilmu baru di dunia pendidikan. Konferensi pertama Web Science di Athena, Yunani Maret 2009 mengukuhkan cabang ilmu studi tersendiri yang dengan cepat menyebar ke seluruh dunia yang menjadikan dunia intenet semakin bekembang pesat.
Berbicara web science berbicara pula bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah web. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun suatu web yang terkenal antara lain : HTML, PHP, Ajax, C#, ASP, dan masih banyak bahasa pendukung lainnya. Dan masih akan bertambah perkembangan bahasa pemrograman di masa depan baik yang sudah ada maupun yang baru.
Sedangkan dari beberapa sumber yang saya dapatkan menurut Hearst [Helfin, 2003] salah satu problem baru pada ledakan informasi adalah terjadinya keragaman yang disebabkan oleh beberapa hal utama sebagai berikut:
1. Web adalah massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
2. Web bersifat terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
3. Web juga bersifat dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
4. Web bersifat open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang telah bertambah cepat, informasi dari seluruh penjuru bumi pun dapat kita cari. Disinilah peran dari web sience dalam perkembangan teknologi, kita dapat saling memberi informasi ke semua orang dengan web sience.Salah satunya dengan pemanfaatan web sience pada bidang pendidikanyang dimana kita dapat mencari bahan-bahan dan belajar hanya dengan membaca dan berkonsultasi langsung di dunia maya.

Secara langsung maupun tak langsung kita dapat mengakses informasi dari sumber informasi dengan mudah, tidak seperti dulu lagi kita mencari informasi harus pergi membeli atau meminjam buku. Sekarang kita dapat mencari dengan bantuan search engine yang memudahkan kita langsung keinformasi yang kita cari dengan menggunakan key word yang sesuai.

Web Sience sendiri terbagi-bagi dari segi ilmu, dimana ilmu itu di dapat dari bermacam-macam pengetahuan yang ada di bumi ini. Dari segi kegunaannya Web Science sendiri di bagi menjadi bermacam-macam jenis. Diantaranya: Blog, Forum, Jejaring Sosial/Social Networking, Hosting, Streaming dan Server.

Wednesday, January 5, 2011

Penggunaan Internet dalam Bidang Kesehatan

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini membawa perubahan yang besar di masyarakat. Sistem komunikasi dan pertukaran informasi global melaui internet bisa dilakukan kapan saja dan tanpa terhalang jauhnya tempat.1 Tidak kurang dari 1,4 milyar orang sudah menggunakan internet sampai akhir maret 2008.2

Besarnya pengguna internet dan pesatnya perkembangan internet telah mewujudkan timbulnya budaya internet. Dunia kedokteran juga tidak bisa menghindari pengaruh perkembangan ini. Dalam bidang kedokteran, pesatnya perkembangan internet sangat berperan sebagai sarana pertukaran informasi dan komunikasi tanpa batas, forum diskusi ilmiah kedokteran dan juga lahirnya disiplin ilmu informatika kedokteran.3,4

Dengan internet, penyebaran dan pertukaran informasi kedokteran semakin meluas ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, pasien kini tidak hanya bergantung pada informasi yang diberikan oleh dokter tetapi juga informasi tentang penyakit dan penatalaksanaanya yang bisa secara lengkap dan bebas di internet. Bagi kalangan medis pun, internet menyimpan ratusan juta data/informasi kedokteran yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan/referensi, baik berupa artikel-artikel kedokteran, buku-buku teks kedokteran elektronik, jurnal-jurnal ilmiah kedokteran dan aplikasi multimedia kedokteran yang sering digunakan dan belum banyak diketahui oleh kalangan medis. Suatu kemudahan yang ditawarkan di internet bagi kalangan medis untuk terus memperbaharui ilmunya setiap saat seperti yang diamanatkan oleh undang-undang pratik kedokteran.

Berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu bukan lagi suatu hal yang mustahil dengan canggihnya perkembangan internet. Pasien kini dapat berkonsultasi dengan seorang dokter secara online di internet setiap saat. Sebaliknya, dokter juga dapat memantau kemajuan terapi dari pasiennya. Selain itu, para kalangan medis di seluruh penjuru dunia dapat memecahkan suatu permasalahan medis secara bersama-sama dari tempat yang berbeda, melalui video konferens.

Banyaknya pengguna internet dari kalangan medis telah memunculkan banyak forum-forum diskusi ilmiah di internet. Diskusi tersebut tidak hanya melalui berbagai discussion board yang ada di internet tetapi juga melalui banyak maling list atau newsgroup. Setiap waktu diskusi ini terus berlangung dan berkembang sesuai topik-topik yang diminati. Selain itu, diskusi-diskusi atau sekedar tukar informasi dapat juga terjadi secara langsung dengan fasilitas chatting atau internet messaging.

Begitu eratnya kaitan pemanfaatan komputer dan teknologi informasi di bidang kedokteran telah memunculkan disiplin ilmu baru yaitu informatika kedokteran atau informatika kesehatan. Disiplin ilmu ini mencakup bioinformatika, informatika pencitraan, informatika klinis serta informatika kesehatan masyarakat. Riset dan aplikasi bioinformatika memfasilitasi upaya-upaya rekayasa genetik, penemuan vaksin, hingga ke riset besar tentang human genome project. Informatika pencitraan mengkaji aspek pengolahan data dan informasi digital pada level jaringan dan organ. Informatika klinis, yang menerapkan pada level individu (pasien), mengkaji mengenai berbagai inovasi teknologi informasi untuk mendukung pelayanan pasien, komunikasi dokter pasien, serta mempermudah dokter dalam mengumpulkan hingga mengolah data individu. Informatika kesehatan masyarakat yang berfokus kepada populasi untuk mendukung pelayanan, pendidikan dan pembelajaran kesehatan masyarakat.

Kesimpulan :

Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk kedokteran. Internet telah menjadi sumber informasi terbesar, terlengkap, dan terbaru dalam bidang kedokteran. Internet juga berperan sebagai forum-forum diskusi ilmiah para kalangan medis.

Website sebagai Media Marketing

Internet merupakan suatu penemuan dalam sejarah manusia yang memiliki potensi untuk melakukan banyak perubahan, cara bekerja, cara belajar, cara bermain dan cara berbisnis. Perkembangan media marketing yang melibatkan teknologi elektronik adalah diawali pada era radio. Kemudian Marc Andersen mulai mengembangkan World Wide Web yang mampu menggabungkan informasi teks dan grafik dan lainnya. Web telah melakukan suatu revolusi budaya, yang terkenal dengan istilah "point and click", sehingga mendorong orang untuk menggunakan tanpa perlu pendidikan di bidang komputer secara khusus. Dengan adanya Web yang memanfaatkan Open Standard memberikan kemampuan untuk menghasilkan model bisnis yang baru, Internet dipercaya akan memiliki dampak yang besar pada cara berbisnis serta pasar di masa mendatang.

Beberapa fakta nyata tentang dampak Internet terhadap bisnis :

• Menggeser kekuatan dari penjual ke pembeli dengan mengungai harga ketika melakukan perubahan supplier (vendor lainnya hanya satu click jaraknya)
• Menyediakan informasi harga dan produk yang banyak dan lebih lengkap.
• Mengurangi biaya transaksi. Bandingkan transaksi bank melalui Internet dan melalui ATM. Begitu juga pemrosesan tiket melalui Internet dibandingkan melalui travel agent. Memang penghematan ini sebagian besar dirasakan oleh bisnis berukuran besar.
• Kecepatan, jangkauan dan aksesibilitas informasi dari Internet, serta biaya rendah untuk mendistribusikannya.

Konsep e-Business

e-Business tercipta ketika kustomer dan partnernya berinteraksi pada semua level secara elektronis. eBusiness bukan hanya pemasaran, pembelian dan penjualan melalui Internet, tetapi juga meningkatkan kinerja bisnis melalui konektivitas untuk meningkatkan pelayanan dan mengurangi biaya, serta membuka jalur baru dan mentransformasi persaingan baru. e-Business yang sukses memfokuskan pada kustomer ketimbang pada produknya saja. Mereka menjaga customer loyalty dengan cara menangani secara berbeda tiap customer, sehingga dapat dikatakan e-Business merupakan customer centric focus.

Web

Dalam memilih Web sebagai media marketing, ada satu hal yang perlu selalu diingat: bahwa Web bukanlah sebagai pengganti media marketing lainnya, tetapi adalah sebagai pelengkap media marketing lainnya. Tetapi langkah lain yang perlu dipertimbangkan adalah prioritas dalam memilih media marketing. Jumlah audien yang dapat dicapai adalah sangat luas, karena secara teoritis siapapun yang dapat mengakses Internet dapat mengakses Web tersebut. Cakupan geografi adalah 'borderless' lintas negara dan benua. Waktu produksi relatif cepat, membutuhkan waktu sekitar 1 minggu bahkan secara ekstrim dalam 1 jam juga mungkin, waktu tayang adalah timeless atau tak terbatas, tergantung keinginan si pemilik Web. Fleksibelitas isi sangat menakjubkan, bisa dirubah sesuai kondisi terakhir dengan kualitas mendekati 'real time' dan dapat di'customize' sesuai keinginan user. Untuk mem'baca' web memerlukan sarana yang paling komplek dibandingkan media marketing lainnya. Sarana yang diperlukan komputer, modem, telpon line, akses ke ISP dan beberapa program penunjang terutama untuk web browser. Tetapi teknologi akhir-akhir ini sepert WebtopTV, WAP memudahkan pengkasesan media Web tanpa membutuhkan perangkat komputer biasa.

Salah satu prinsip dasar Marketing-Mix adalah Promosi. Jika Anda ingin dikenal, perusahaan atau organisasi, maka Anda mau tidak mau harus mengeluarkan biaya promosi atau iklan. Promosi biasanya dibagi menjadi dua, yaitu Above the Line dan Below The Line.

1. Above The Line. Biasanya diartikan sebagai kegiatan promosi atau periklanan dengan media seperti iklan TV, Radio, Majalah dan Koran.

2. Below The Line. Biasanya diartikan sebagai kegiatan promosi atau periklanan dengan cara seperti pameran, roadshow, bazzar, test produk, dll.

Tingginya persaingan dunia bisnis membuat setiap perusahaan biasanya mengeluarkan biaya promosi/iklan yang tinggi dalam budget operasionalnya. Ada pendapat bahwa semakin tinggi biaya iklan yang Anda keluarkan, maka semakin terkenal pula produk Anda, berarti akan semakin naik penjualan Anda.

Padahal tidak semua perusahaan mampu mengeluarkan biaya iklan yang tinggi. Selain itu, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab jika Anda mampu memilih sarana iklan yang tepat dan murah, tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi, tetapi produk Anda dapat dikenal oleh target market yang sesuai.

Salah satu solusi yang tepat untuk menekan biaya iklan adalah WEBSITE.

Website, termasuk ke dalam kategori iklan Above The Line. Tetapi website jauh lebih murah jika dibandingkan iklan di TV atau koran/majalah. Sebagai contoh, jika ingin iklan Anda tampil di TV pada acara prime time, Anda harus membayar ratusan juta untuk tampil hanya selama 3 menit.

Atau jika ingin iklan Anda tampil di koran dengan satu halaman penuh, setidaknya 300 sampai 500 juta harus Anda keluarkan. Dan iklan tersebut biasanya hanya tampil selama waktu yang Anda tentukan, 3 menit di TV saja atau satu hari saja jika di koran.

Demikian pula billboard atau iklan papan di jalan. Setidaknya ratusan juta rupiah harus dikeluarkan untuk membayar biaya pemasangan billboard di lokasi strategis. Itupun hanya sewa 3 bulan misalnya.

Dengan menggunakan website, maka ada beberapa keuntungan, yaitu:

1. International coverage. Website dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia. Informasi yang disajikan di website Anda dapat diakses dan dibaca oleh seluruh pengunjung website Anda dari seluruh dunia.

2. Lifetime useful. Selama website Anda aktif, maka informasi yang ingin Anda sampaikan, dapat diakses. Tidak seperti televisi, koran atau majalah. Iklan Anda di media konvensional tersebut hanya akan tampil selama 3 menit saja, atau satu hari saja.

3. Complete. Informasi yang ingin Anda sampaikan akan lebih lengkap dan komplit jika menggunakan website sebagai media iklan. Profil perusahaan, harga produk, cabang/perwakilan, promosi/campaign/diskon, dll. Sementara karena keterbatasan tempat dan biaya, maka iklan di TV dan koran, biasanya sangat singkat.

4. Database. Dapat dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan database pelanggan.

5. Cost Saving. Murah. Ya, website jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di TV atau koran.

Kesimpulan :

Menggunakan website sebagai media pemasaran jelas lebih menekan pengeluaran dibandingkan dengan menggunakan media lain seperti koran, radio, TV dll sebagai media pemasaran. Selain itu, pemasaran melalui internet lebih cepat menyebar. Era modernisasi dan globalisasi membuat pemasaran melalui internet cepat menyebar bahkan ke tahap internasional.